Namun bagaimana melakukan ekspansi perusahaan tetapi tidak mendapatkan konsumen yang cukup bahkan bangktut karna tidak ada yang membeli produk barang dan jasa perusahaan, maka dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu :
1.Getting Consumen
Yaitu teknik mendapatkan konsumen karna disini awal suatu konsumen yang mana konsumen memiliki 3 (tiga) sifat yaitu
Suspack =konsumen yang tidak mengenal produk perusahaan dan tidak ingin membeli produk perusahasn
Prospek = konsumen yang kenal dengan produk perusahaan dan tidak ingin membeli produk perusahaan
Buyer/first Consumen = konsumen yang mengenal produk perusahaan dan membelinya.
Dalam tiga sifat konsumen tersebut untuk mendapatkan konsumen maka perusahaan harus melakukan strategi marketing dengan cara :
a. Seminar
b. Iklan
c. Mengunjungi penduduk" ke lapisan masyarakat untuk pengenalan produk
d. Dan lain sebagainya
2.Keeping Consumen
Yaitu menjaga konsumen yang mana masih belum menjadi langganan tetap perusahaan sehingga untuk teknik menjaga konsumen dilakukan dengan cara seperti :
a. Memberi hadiah
b. Promosi dan diskon
c. Memberi kartu member perusahaan
d. Dan lain sebagainya
3.Development Consumen
Yaitu teknik untuk mengembangkan konsumen maksudnya 1 orang pembeli menjualkannya kembali ke 1000 orang sehingga perusahaan tidak susah susah menselektif untuk memberikan reward karna cukup beberapa orang saja yang mendapatkan reward atas prestasinya dan keuntungan perusahaan tidak banyak mengeluarkan banyak anggaran, sehingga teknik ini dilakukan dengan cara :
a. Mendirikan agen-agen perusahaan
b. adanya perantara/informan untuk memenangkan tender perusahaan
c. Menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan lain untuk tetap menjadi konsumen tetap untuk kebutuhan perusahaan orang lain tersebut.
No comments:
Post a Comment